Love You Dad

Standard

Tweet gue pagi ini :

di Indonesia knp ga pernah merayakan Father’s Day. Katanya lbh berbudaya drpd orang barat ?? ~ Happy Father’s Day utk semua Ayah

Yap today is Father’s Day. Untuk sebuah negara yang menggagungkan “kita kan budaya timur, menghormati orang tua, punya budaya kesopanan” gue bingung kenapa Indonesia ga pernah sekalipun merayakan yang namanya Father’s Day atau Hari Ayah. The worse quote yang pernah gue denger adalah bahwa setiap hari itu hari ayah, hanya ada 1 hari ibu, yeah you damn sexist.

Anyway mengenai Ayah, I wanna share a story about my dad. Papa gue adalah ayah paling baik sedunia (yeah pasti semua anak akan bilang ayahnya adalah ayah paling baik :D). Waktu kecil dari jaman gue sekolah, papa yang selalu anter jemput gue naek motor dan itu sampe SMP, bahkan sampe SMA dia juga yang anterin naik mobil, ke sekolah gue yang bawa tuh mobil tapi dia yang kasih guide.

Tiap pagi dia bangun paling pagi, make sure dia bangunin anak-anaknya. Lalu prepared everything sebelum anaknya sekolah sampe sekarang udah kerja pun masih begitu. Kalau ada anaknya yang sakit dia yang langsung sibuk nyariin obat. Tiap weekend dan dia mau beli sarapan, dia selalu nanya gue dan ade gue mau makan apa jadi sekalian dia beliin. Kalau ada makanan, pasti dia suruh gue milih duluan walau belakangan gue pasti suruh dia dulu yang milih gue ambil sisanya :D. Intinya adalah my dad is the most unselfish guy i’ve ever met. Menomor satukan keluarganya, anak-anaknya dibandingkan dirinya sendiri.

Satu hal paling gue inget waktu gue TK adalah, waktu itu deket sekolah ada penjual jangkrik. Hehe. Namanya anak kecil. Papa lalu beliin gue jangkrik itu dalam sebuah bambu lalu dibawa ke sekolah. Pas di kelas lalu ketauan sama guru TK gue dan diambil lah tuh jangkrik. Beberapa hari kemudian di sekolah, bokap gue akhirnya ngomong sama guru gue itu dan dibalikin lah. Tapi gak bertahan lama karena di rumah tuh jangkrik bikin berisik di rumah waktu malem. Nyokap gue langsung suruh bokap gue itu untuk buang jauh-jauh hehe. Gue inget ketika tau jangkrik itu makan sayuran, gue kasih makan jangkrik itu dengan sayuran :D.

Sampe sekarang pun kadang gue masih berasa owe my father much. Terakhir gue inget, gue berasa bersalah beberapa bulan lalu gue mau pake mobil. Dan dia mau jemput ade gue pulang kerja. Setiap kali gue mau pergi di hari sabtu, bokap gue selalu kasih gue pake mobil itu, dan dia prefer naik motor. FYI, gue ga bisa naik motor :D. Termasuk di hari itu, tau kalau gue mau pergi, dia bilang dia naik motor aja. Dan ternyata saat itu hujan saudara-saudara. Di rumah gue udah mikir “wah si papa keujanan”. Pas udah pulang dia tampangnya biasa-biasa aja, gue nanya “Gak keujanan pa ?”, “Gak kan pake jas ujan, kok belum pergi?” dia jawab. Tambah bersalah lah gue. Fewhh..

Bokap gue bukanlah orang yang punya banyak uang dan yang bisa kasih gue banyak kemudahan, tapi dia sendiri yang memudahkan gue dan adik gue dengan tindakannya. Bukan ayah yang punya banyak petuah untuk anaknya dengan bijaksana, tapi buat gue apa yang bokap gue ajarin itu lebih dari petuah-petuah, dia banyak berbuat daripada cuma ngomong. He know how to be the great father that nurturing. I feel a lot of love from him. Dan apa yang dia lakukan itu bener-bener tulus untuk anak-anaknya.

Untuk itu gue protes di Indonesia ga pernah merayakan Hari Ayah. Karena gue merasa Ayah tak terlalu dihargai posisinya di Indonesia hanya karena katanya “Surga Ada di Telapak Kaki Ibu”, padahal kalo gak ada ayah, gak ada anaknya juga. Dan kalo kata banyak orang Indonesia bilang orang Barat gak punya sopan santun, paling nggak mereka tau hal paling dasar manusia berbudaya. Mereka menghormati Ayah mereka.

Happy Father’s Day all :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s