Travelling Alone But Not Lonely

Standard

Waktu gue bilang taon lalu gue ke Singapore dan Malaysia sendirian, beberapa nggak percaya termasuk bokap nyokap gue sebelum gue pergi. Mungkin kebanyakan orang berpikir kalau jalan-jalan ya harusnya rame-rame,  kalo kata bokap nyokap gue, apa serunya pergi sendirian doang. Sebagian lagi mungkin mikirnya segitu nggak ada temennya yah harus pergi sendiri. Yaa nggak gitu juga sih. Gue bahkan sengaja nggak bilang dan ajak siapa-siapa waktu pergi sendirian untuk travelling itu.

Travelling menurut gue itu priceless experience. Emang kalau lagi jalan-jalan itu pasti mengeluarkan banyak duit untuk biaya hidup, hiburan, makan pastinya. Tapi pengalamannya nggak bisa dibayar dengan apapun. Dan semua orang punya caranya masing-masing untuk menikmati liburannya. Ada orang-orang yang lebih suka untuk pergi ikut tour, tinggal duduk dan diajak kesana kemari nggak usah pusing. Ada lagi yang emang sukanya backpacking berame-rame. Ada juga yang sukanya travel sendirian. Untuk travel ikut tour sih gue nggak terlalu suka. Nggak suka karena gue nggak bebas, dengan jumlah uang yang sama gue bisa memilih kemana yang gue mau pergi tanpa harus pasrah dibawa oleh si tour guide entah kemana. But everyone has their own preference.

Ketika gue pergi sendirian, gue bisa dengan bebas bereksplorasi di suatu kota. Gue mau bangun pagi nggak ada yang ngeganggu karena si X dan si Y bangunnya kesiangan. Gue mau ke tempat Z nggak terganggu karena si X nggak suka tempat itu. Atau gue dengan bebas bisa masuk/naik atraksi yang gue mau tanpa perlu nggak enak sama si Y yang nggak mau naik atraksi itu. Intinya gue bisa melakukan apapun yang gue mau sendirian semua dibawah kontrol gue. Kalo gue capek ya gue istirahat, kalo gue masih kuat jalan ya gue jalan.  Kalau lagi rame-rame dan ada 1 orang yang capek, nggak mungkin kan ditinggal?

Tapi menurut gue sebenernya untuk bisa liburan sendiri ada 3 hal yang harus lu miliki:

1. Mental dan Fisik yang Mandiri

Travel sendirian berarti harus menghadapi konsekuensi selama beberapa hari/minggu sendirian kemana-mana dan kemungkinan sedikit untuk berkomunikasi dengan orang. Untuk lu yang emang nggak bisa kemana-mana sendirian dan takut kesepian kalau sendirian, travel sendirian ini nggak cocok buat lu. Tipe orang yang cocok untuk bisa pergi sendiri adalah yang mentalnya emang mandiri nggak perlu bantuan banyak orang untuk bisa bertahan hidup. Dan yang terpenting tahu apa yang dia lakukan dan nggak boleh jadi orang yang serba bingung.

2. Itinerary + Persiapan Matang

Gue nggak pernah yang namanya keluar negri tanpa persiapan yang udah ready di Jakarta. Itinerary harus udah jelas mau kemana selama beberapa hari itu, udah booking akomodasi, udah beli tiket attraction, sampai kalau bisa detail bus nomor berapa yang harus dinaikin kalau mau ke suatu lokasi. Pokoknya pas di hari keberangkatan dan sesampai di tujuan udah tinggal nikmatin liburan aja. Gue nggak suka travel dengan gaya koboy dimana itinerary sama sekali nggak dibuat. Ini namanya nambah kerjaan bukannya liburan. Lagian kalian harus mengurangi resiko sekecil mungkin karena kalian pergi sendiri dan nggak ada support sama sekali jadi resiko sekecil apapun bisa merusak segalanya.

3. Research

Riset sebelum perjalanan dilakukan itu penting banget. Nggak sekedar hanya cari tahu ada apa aja disana tapi harus sampe tau transportasinya, opening/closing hours, berapa biayanya dan detail lainnya sekecil-kecilnya. Lebih bagus lagi kalau lu udah bisa menyebutkan ada apa aja disuatu daerah bahkan sebelum lu sampe daerah itu.

But overall yang dibutuhin adalah insting. Bisa reaksi dengan cepat menanggapi suatu masalah dan menikmati aja liburan lu, jangan sampe memikirkan hal-hal diatas malahan jadi mengganggu liburan lu. Kalau emang nggak bisa pergi sendiri ya jangan juga dipaksain mending ajak beberapa teman untuk pergi menikmati liburan 😀 Jadi selamat liburan teman-teman 😀

2 thoughts on “Travelling Alone But Not Lonely

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s