Tipe-tipe Klien Website

Standard

3 tahun terakhir, hampir tiap hari kerjaan gue adalah membuat website mau itu di kantor ataupun pekerjaan freelance. Dan selalu bertemu dengan berbagai macam tipe orang. Emang sih balik lagi ke masing-masing sifat orang-orang itu. Tapi secara garis besar bisa dibagi menjadi kategori berikut:

1. Si Orang IT

Bagian di suatu perusahaan yang selalu berkaitan dengan website selain Marketing pastinya adalah IT. Dan kalau pernah baca status facebook gue yang ini, kalian harus tahu kalau yang namanya orang IT itu nggak tahu segalanya. Masalahnya menjadi seorang staff IT di sebuah kantor terkadang dipaksa untuk tahu segalanya. Akhirnya pengetahuannya ya emang cuma dikit-dikit. Termasuk pengetahuan dalam membuat website. Kebanyakan tahunya cuma kalau bikin website itu gampang, cuma klik-klik aja. Walau kalau disuruh bikin juga kadang nggak jadi sih. Nah masalahnya ada beberapa staff IT (dan managernya) yang berasa tahu segalanya tentang website padahal nggak. Kadang hadepin orang IT begini itu susah-susah gampang. Kalau dia emang pengetahuan IT-nya jago dan gak sotoy, itu mempermudah kerjaan web developer, tapi kalau IT-nya sotoy, ya malah mempersulit.

2. Si Cewek Pemilik Online Shopping

Nah yang ini ribet. Yang begini biasanya agak jauh berhubungan dengan teknologi. Agak akrab sama teknologi hanya karena tablet, smartphone yang dia punya. Dan punya website karena dia jualan online sebelumnya lewat website. Kadang malah punya website karena nggak mau kalah aja dengan teman-temannya yang lain. Kendala ketemu orang kaya gini adalah kita harus menjelaskan A – Z tentang web dari basic banget. Itu kalo ngerti haha. Tapi yang begini biasanya end up nggak jadi juga bikin website karena dia baru tahu akhirnya bikin website itu nggak murah.

3. Si Bijak

Paling enak kalau dapet klien itu yang lumayan ngerti sama dunia web, selalu mencari alternatif kalau ternyata ada kendala dari segi teknis, selalu minta sesuatu dengan baik-baik. Tapi emang balik dari sifat orangnya sih ya, orang begini biasanya emang sifatnya baik jadi selalu enak aja.

4. Si Bos Yang Tak Mau Tahu

Kalau udah bertemu dengan yang kaya gini, gue sih biasanya mundur. Dalam membuat website biasanya pembicaraan di awal sudah bisa kebaca gimana sikap dan sifat si klien. Tipe yang begini biasanya keliatan otoriternya. Dia nggak mau tau pokoknya dia mau dilayani dan semua permintaannya harus bisa dikerjakan. Tapi masalah utamanya yang begini budget untuk bikin websitenya juga terbatas. Jadi ya udahlah yah bikin sendiri aja sana 😀

5. Si Kurang Detail

Klien tipe ini mirip dengan tipe no.3 tapi masalahnya mereka nggak terlalu detail untuk perhatikan detail di awal requirement. Seharusnya ada fitur A, tapi dia nggak perhatiin itu di awal sehingga minta itu di belakang, ini nyusahin sih walau requestnya tetep dengan baik-baik tapi tetep nyebelin jadinya. Requirement yang simple bisa jadi complicated hanya karena si klien nggak detail.

6. Si Klien-Yang-Anggap-Developer-Sama-Dengan-Cenayang

Nah yang ini nggak kalah banyaknya. “Pokoknya yang modern deh websitenya sama kaya website-website sekarang fiturnya” Yeahh kaya gue bisa baca pikiran u gimana website modern itu. Aturan membuat website nomor satu adalah lu harus tahu website seperti apa yang lu mau bikin, referensinya jelas atau kalo nggak ada refernsi senggaknya bisa jelasin mau web yang seperti ini dan itu. Developer atau Designer sama sekali nggak bisa baca pikiran lu tentang apa yang lu mau bikin. Harus dijelaskan segala sesuatunya dengan detail.

Yah emang sih agak terlalu menggeneralisasi, tapi begitulah yang selama ini gue temuin. Mau gak mau. Suka nggak suka 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s