Tips Jalan-Jalan Hemat

Standard

Sesuai dengan janji gue kemarin, gue mau berbagi bagaimana caranya bisa jalan-jalan dengan hemat. Tapi perlu diinget dulu nih, gue sebutnya Hemat bukannya Murah. Nggak selalu yang murah itu ujungnya menguntungkan apalagi di dunia bisnis jalan-jalan haha, scroll ke bawah terus nanti bisa nemuin jawabannya.

GENERAL

Jalan-jalan di saat Offpeak

Ini udah jelaslah yah kalau lagi musim liburan besar seperti akhir tahun ya jangan berharap untuk dapat tiket dan hotel murah. Pilih tanggal dimana tanggal tersebut adalah hari kerja. Beberapa keuntungan lain selain harga lebih murah adalah attraction yang kamu kunjungi nggak rame sehingga kamu bisa lebih menikmati jalan-jalan kamu. Pilihan hari juga menentukan, pilih hari Senin-Rabu untuk harga lebih murah.

Travel Light

Bawa baju seperlunya, kalau bisa usahakan baju/celana itu bisa dipakai lebih dari sekali terutama kalau lokasi wisata kamu lagi musim dingin, bisa banget di reuse. Yang pasti bisa di reuse adalah pakaian tidur. Dengan bawa sedikit barang, kamu nggak perlu beli bagasi kalau naik budget airline, kamu juga ga perlu ribet-ribet harus bawa koper segede gaban kalo kemana-mana.

Oleh-Oleh

Kebiasaan di Indonesia, oleh-oleh kalau abis jalan-jalan itu kaya kewajiban banget. Tapi inget tujuan kamu jalan-jalan bukannya untuk beli oleh-oleh. Jadi utamakan dulu budget dan waktu kamu untuk jalan-jalan setelah itu kalau ada waktu dan budget lebih baru dibelikan oleh-oleh.

PENERBANGAN

Join di group Backpackers Dunia

Group FB Backpackers Dunia ini isinya backpacker-backpacker yang aktif berbagi info termasuk info penerbangan murah. Nah dari sini biasanya gue dapat info promo penerbangan murah.

LIKE Fanpage Facebook Account Airline

Nah ini juga wajib dilakukan, untuk penerbangan budget terutama seperti AirAsia, mereka selalu menginformasikan penerbangan murah di fanpagenya. Jadi sering-sering aja buka facebook airline-airline budget.

Beli tiket jauh-jauh hari.

Jangan berharap bisa beli tiket murah 2-3 bulan sebelumnya. Tapi kan kalau terjadi apa-apa gimana udah beli tiket 1 tahun sebelumnya? kan sayang? Yah namanya juga tiket murah, sudah resiko. Toh mereka juga sebenarnya “rugi” karena kasih harga tiket lebih murah dari harga normalnya. Win-win lah 😀

Hindari beli tiket paling malam

Tiket murah itu biasanya ada di tiket paling pagi, atau paling malam. Nah hindarkan beli tiket yang sampai di lokasi sudah malam. Iya sih tiket kamu itu memang murah, tapi kalau sampai di tempat tujuan hanya untuk numpang tidur kan sama aja bohong, kamu harus bayar akomodasi 1 malam di hotel/hostel

AKOMODASI

Usahakan tidur yang normal walaupun budget ketat

Gue sering baca pengalaman orang yang suka tidur di Airport. Nggak salah sih, apalagi kalau kamu merasa stamina kamu cukup kuat untuk tidur kurang nyaman. Tapi bayangkan kamu di keesokan harinya harus berjalan dan menikmati tempat-tempat yang indah, kalau badan kamu nggak fit hanya untuk hostel yang harganya 200-300rb itu nggak sepadan. Terlalu mahal harga waktu kamu untuk sekedar capek-capekan.

Pilih Hotel, Hostel, Resort, atau cukup Airbnb

Yang namanya penginapan itu nggak tok cuma Hotel aja titik. Ada banyak tipe dan penggunannya juga beda-beda. Kalau kamu tujuannya mau bulan madu, pastinya pilihan Resort atau Hotel berbintang nggak salah. Karena kamu akan menghabiskan waktu lebih banyak di hotel/resort, jadi nggak salah pilih. Sebaliknya apabila kamu niatnya jalan-jalan untuk menikmati daerah tersebut, pilihan hotel bintang 1, hostel, atau airbnb sudah cukup. Kamu tak butuh tempat gym, kolam renang, tempat spa karena sebenarnya akomodasi beneran cuma buat numpang tidur. Perbedannya cuma apakah kamu butuh privacy atau nggak. Kalau butuh booking private room di hostel atau hotel murah, kalau kamu open terhadap privacy yah di boarding room hostel juga cukup hehe. Tips tambahan, cek-cek juga Airbnb, gue berhasil mesan sebuah private room di sebuah hostel di NYC dengan harga 400rban rupiah sehari padahal aslinya bisa 1jtan. Very good deal

Cek harga di berbagai website termasuk website penginapan itu sendiri

Kadang ada kalanya website-website seperti Agoda, HostelBookers itu harganya lebih mahal daripada yang ditawarkan website penginapannya sendiri. Entah kenapa bisa begitu. Selain itu Agoa juga suka mengadakan promosi bareng AirAsia atau BCA. Kalau kamu pengguna BCA atau AirAsia bisanya ada promo harga khusus atau penambahan point reward.

Lihat reviewnya di TripAdvisor

Nah setelah pilih penginapan, cek juga review dan rankingnya di TripAdvisor. Memang sih murah tapi biasanya harga sebanding dengan kualitas, jadi make sure penginapan yang kamu pilih masih bisa diterima sama kamu. Karena standard orang kan beda-beda. Makanya gue selalu cek review dari orang yang beri nilai 2 atau 1, jadi bisa kelihatan komplainnya dia sesuai gak sih dengan gue. Kalau memang masih bisa ditolerir yah udah lah gpp.

Cek Cancellation Policy

Sebelum pesan, cek Cancellation Policy-nya. Apakah dia bisa refund 100% kalau kita batal pergi? Kebanyakan dari website-website seperti Agoda memberikan opsi ini kok.

ATRAKSI

Cek tipe tiket yang tersedia

Setiap atraksi hiburan terkadang punya beberapa pilihan paket tiket yang berbeda. Misalnya: Disney Land dan Disney Sea Tokyo punya tiket yang namanya After 6 dan Starlight, After 6 berarti tiketnya hanya bisa dipakai diatas jam 6, sedangkan Starlight hanya bisa dipakai di sabtu malam. Dengan waktu 4-5 jam kamu bisa dapatin harga diskon sekitar 60% dari tiket harga 1 hari. Gue pernah pakai After 6 di Disney Sea dan Disney Land Tokyo. Ini menghemat pengeluaran banget, karena untuk gue mengunjungi 1 taman dalam waktu 4-5 jam lumayan cukup untuk main games-games yang gue mau.

Cek Harga Online vs On The Spot

Selain mengecek jarak lokasi di website atraksi yang kamu mau kunjungi seperti yang pernah gue tulis disini. Hal lain yang juga patut dipertimbangkan adalah harga tiket masuk saat beli langsung di tempat vs beli online. Most of the time, harga online lebih murah dibandingkan on the spot. Gue sih selalu beli tiket online karena selain lebih murah, juga nggak perlu antri untuk mengunjungi atraksi itu, lebih hemat waktu.

Cek Harga Online vs 3rd Party

Kalau sudah dapat harga murah antara online dan on the spot, jangan cepat puas hehe. Beberapa negara menyediakan attraction pass. Contohnya: Singapore Tourist Pass (https://singaporecitypass.com), NY  Pass (http://www.nypass.com). City pass begini sistemnya kamu bisa ngunjungin unlimited attraction yang ada di list mereka tergantung kamu belinya untuk berapa hari. Kalau mau menggunakan City Pass begini, itinerary kamu harus detail banget (ini cara gue bikin itinerary yang detail), sehingga bisa tahu dalam sehari kamu mau kemana aja. Lalu compare deh kalau beli ketengan vs paketan lebih murah yang mana. Tips ini tricky banget, kamu harus beneran jeli hitungnya supaya nggak rugi.

Sementara itu dulu, tapi list ini selalu akan gue update, buat yang punya tips berhemat selama travel lainnya boleh lho share di kolom comment. Thank You 😀

image courtesy: https://www.flipkey.com/blog/2014/09/25/top-25-budget-travel-bloggers-to-follow-in-2014/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s